Sabtu, 01 September 2012

Download Mozilla Firefox Tanpa Web Browser (pakai FTP)

Web browser adalah aplikasi utama untuk browsing. Setiap kita mencari informasi, mengajukan aplikasi online, memainkan game kecil online, download lagu film dan lainnya selalu menggunakan web browser. Web browser di sini bisa berupa Internet Explorer, Opera, Safari, Google Chrome maupun Firefox. Lalu, bagaimana jika pada komputer kita belum terdapat web browser? Atau bisa jadi web browser yang biasa kita gunakan error sehingga untuk membuka halaman web pun tidak bisa?
Solusi utama adalah dengan cara pergi ke warnet (Atau bisa juga meminjam notebook teman) dan download web browser. Bagaimana kalau kita dalam keadaan tergesa-gesa, atau tidak memungkinkan pergi ke warnet untuk download Mozilla Firefox? Jika anda masih memiki koneksi internet, tanpa web browser pun kita bisa download Firefox secara manual menggunakan command prompt.
Bagaimana bisa? Ikuti saja petunjuk berikut ini:
  • Pastikan komputer/notebook anda terkoneksi dengan internet.
  • Buka command prompt (Singkatnya, klik tombol Start, Run, ketik CMD dan tekan tombol enter).
  • Ketik ftp kemudian tekan tombol enter.
  • Lanjutkan dengan mengetikkan open releases.mozilla.org
  • Saat diminta memasukkan username, ketikkan anonymous. Jika ditanya password, jangan ketik apa-apa, langsung tekan tombol enter. Anda akan mendapatkan pesan kalau login sudah berhasil.
  • Setelah itu masuk ke bagian direktori tempat mozilla firefox dengan cara ketik cd mozilla.org/firefox/releases/latest/win32/en-US kemudian tekan enter.
  • Ketil ls (Huruf L dan huruf S), kemudian tekan tombol enter. Jika anda melihat ada daftar release terakhir dari mozilla firefox, maka anda berhasil masuk ke folder/directory tersebut.
  • Rubah mode ftp ke image dengan cara ketik type image kemudian tekan tombol enter.
  • Ubah directory kerja lokal ke drive D (Atau drive lain sesuai dengan keinginan anda) dengan cara ketik lcd d: (Huruf L, C dan D diikuti nama drive dan folder) kemudian tekan tombol enter.
  • Setelah menuliskan directory kerja, ketik get “Firefox Setup 4.0.1.exe” kemudian tekan tombol enter (Perhatikan huruf kecil besar dan kecil, termasuk tanda petik karena ftp menggunakan teknologi Linux yang mengenal case sensitive). Tunggu sampai proses download selesai.
  • Jika download selesai, anda akan melihat pada drive D akan terdapat file installer Firefox versi terakhir.

  • Jika semua proses telah selesai, keluar dari ftp dengan cara ketik bye kemudian tekan tombol enter.
Sekarang anda bisa mendapatkan firefox tanpa harus menggunakan web browser. Alternatif ini bisa digunakan apabila web browser anda mengalami error sehingga memaksa anda melakukan install web browser baru. Jika ingin lebih detail langkah-langkah di atas, anda bisa mlihat gambar di bawah ini.


 FAQ
Q) Kenapa saya tidak bisa login?
A) Gunakan user anonymous tanpa password untuk login ke file public mozilla. Ulangi beberapa kali sampai anda bisa masuk ke file public.
Q) Saya sudah mengetikkan cd mozilla.org/firefox/releases/latest/win32/en-US, kenapa tidak bisa masuk ke folder firefox?
A) Karena mozilla menggunakan beberapa site mirror, maka kemungkinan anda masuk ke site mirror yang foldernya berbeda. Coba tambahkan folder pub di bagian depan sehingga menjadi cd pub/mozilla.org/firefox/releases/latest/win32/en-US
Q) Saya sudah mencoba semua, kenapa belum bisa juga?
A) Coba teliti langkah di atas, ulangi sekali atau beberapa kali lagi.
Q) Saya sudah mencoba semua, kenapa belum bisa juga?
A) Pergi ke warnet dan download mozilla firefox seperti biasa, menggunakan web browser.
Tips ini juga bisa digunakan sebagai acuan untuk memperlajari perintah-perintah dasar FTP dan bisa diimplementasikan pada semua platform, baik itu Windows, Linux maupun Mac OS.
Selamat mencoba dan semoga berhasil.

0 komentar:

Poskan Komentar

Pengunjung yang baik adalah pengunjung yang mengapreasikan pendapatnya dikomentar...
Terimakasih ... :D

Ads


share/bookmark